Tuesday, March 19, 2024

ALOPECIA MELALUI KAEDAH HOMEOPATHY

 


Pengertian Alopecia Areata

Alopecia adalah istilah medis untuk rambut rontok. Salah satu jenisnya adalah alopecia areata. Ini adalah penyakit autoimun, yaitu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat pada tubuh sendiri. Penyakit ini menyerang folikel rambut. 

Folikel rambut merupakan struktur tempat rambut akan tumbuh. Penyakit ini menyebabkan folikel rambut yang ada di kepala, wajah, atau tubuh menjadi semakin kecil dan berhenti memproduksi rambut, awalnya menimbulkan rambut rontok hingga mengakibatkan kebotakan jika dibiarkan.

Jenis Alopecia Areata

Ada beberapa jenis alopecia areata. Setiap jenisnya ditandai dengan tingkat kerontokan rambut dan gejala lain yang mungkin dialami. Berikut adalah jenis-jenis alopecia areata:

Patchy alopecia areata, ciri utama dari jenis ini adalah terdapat area atau bercak kerontokan rambut yang hanya ada di beberapa area tubuh.

Alopecia totalis, terjadi ketika kerontokan rambut menyerang di seluruh kulit kepala

Alopecia universalis, adalah kerontokan rambut yang tidak hanya terjadi di area kepala, tapi juga area tubuh lainnya. Contohnya seperti wajah, alis, bahkan bulu mata.

Diffuse alopecia areata, kondisi ini terjadi ketika rambut mengalami penipisan yang terjadi secara tiba-tiba di seluruh kulit kepala

Ophiasis alopecia adalah kerontokan yang terjadi di sepanjang sisi dan di area kulit kepala bagian bawah.

Gejala Alopecia Areata

Gejala yang disebabkan alopecia areata, antara lain:

Kebotakan berpola bulat pada satu atau beberapa tempat yang tadinya ditumbuhi rambut, yang bersifat sementara tapi dapat juga permanen.

Kebotakan yang dapat meluas hingga menyeluruh di kulit kepala (alopecia totalis) dan bahkan di seluruh tubuh (alopecia universalis).

Gangguan pada kuku jari tangan dan jari kaki, berupa kuku berubah bentuk, memiliki garis putih dengan permukaan yang tipis dan kasar, atau terbelah.

Kebotakan yang dapat disertai sensasi rasa terbakar atau gatal pada kulit kepala.

Penyebab Alopecia Areata

Alopecia areata adalah penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang bagian tubuh yang lain, dalam hal ini folikel rambut. Ketika ini terjadi pertumbuhan rambut akan menyusut dan melambat, serta rambut mulai mengalami kerontokan yang seringkali berbentuk gumpalan-gumpalan. Semakin banyak folikel rambut yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh, maka akan semakin banyak pula frekuensi rambut yang rontok.

Tingkat kerontokan rambut bervariasi. Dalam beberapa kasus, ini terjadi hanya di beberapa tempat. Namun, kerontokan rambut bisa lebih besar. Pada beberapa kasus yang jarang, seseorang bisa kehilangan semua rambut di kepalanya (alopecia areata totalis) atau seluruh tubuh (alopecia areata universalis).

Hingga kini belum diketahui secara pasti mengapa sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Dipercaya bahwa susunan genetika seseorang bisa menjadi pemicu reaksi autoimun alopecia areata. Selain genetik alopecia areata juga bisa dipicu karena adanya gangguan autoimun lain.

Pada sebuah penelitian menemukan bahwa orang dengan riwayat keluarga yang mengidap alopecia areata, ternyata juga memiliki riwayat pribadi atau anggota keluarga lain yang mengidap gangguan autoimun lainnya seperti atopi. Atopi adalah kelainan yang ditandai dengan kecenderungan hipoalergi, tiroiditis, dan vitiligo.

Faktor Risiko Alopecia Areata

Berbagai faktor risiko alopecia areata, antara lain:

Riwayat penyakit yang sama pada anggota keluarga.

Pertambahan usia.

Penyakit autoimun lain, seperti diabetes tipe 1, rheumatoid arthritis, atau lupus eritematosus.

Memiliki warna, bentuk, tekstur, atau ketebalan kuku yang abnormal.

Masalah psikologis, seperti stres, depresi, cemas, atau gangguan paranoid.

RUJ :- https://www.halodoc.com/kesehatan/alopecia-areata

 




Melalui kaedah rawatan homeopati beberapa ubat yang biasanya diberikan untuk merawat ALOPECIA , antaranya adalah :-

 GRAPHITES, ACID PHOS, SELENIUM, PULSATILLA, RHUS TOX

Ruj :-  select you remedies

 




#homeopati #akupuntur #bekam #homeopathy #acupuncture #alhijamah #natural #safe #nosideeffect #alami #selamat #rawang #bukitberuntung #nikomar #batu18 #tunteja #countryhomes #kgkenanga #tamanjati #tamanbersatu #batu16 #kgmelayu #tamanpelangi #islam #melayu #perempuan #garing #batuarang #bukitsentosa #saujanarawang #rawangperdana #tasikputeri #saujanautama

No comments: